Friday, March 18, 2011

SMBER DOSA

Nama               : Siti Maftuhah
Kampus           : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

SUMBER SEGALA DOSA
            Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa, hindarilah dan berhati-hatilah terhadap ketiganya. Hati-hati terhadap keangkuhan, karena keangkuhan menjadikan iblis enggan tuk bersujud kepada Adam. Dan hati-hatilah terhadap tamak (rakus), karena ketamakan mengantarkan Adam untuk memakan buah yang telah dilarang oleh Alloh, yaitu buah khuldi. Dan berhati-hatilah terhadap iri hati (dengki), karena kedengkian kedua anak Adam, Qabil dan Habil, salah seorang diantaranya membunuh saudaranya akibat dorongan dari iri hati.” (H.R. Ibn ‘Asakir melalui Ibn Mas’ud).
            Dari hadis di atas kita tahu bahwa ketiga hal yang harus dihindari itu beberapa dari banyak sifat-sifat tercela yang sangat dibenci oleh Alloh, karena ketiganya itu bisa menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Maka dari itu nabi Muhammad pun menjelaskan dalam hadisnya, agar umatnya tahu dan berhati-hati akan tiga hal tadi.
Yang pertama yaitu angkuh. Orang yang angkuh atau sombong adalah orang yang merasa bangga akan dirinya sendiri. Sebenarnya tidak masalah orang bangga pada diri sendiri, malahan bagus bisa menjadi motivasi bagi dirinya maupun orang lain untuk bisa lebih baik lagi. Namun jika dengan kebanggaan itu orang jadi sombong dan menganggap rendah orang lain, maka hal itulah yang tidak diperbolehkan oleh agama. Karena, selain berdosa kesombongan itu juga bisa membawa bencana bagi orang yang sombong tadi. Seperti sebuah kecelakaan yang tiba-tiba karena murka Alloh (naudzubillah), ataupun encana yang berupa sebuah perasaan atau sikap tidak enak dari orang-orang sekitar kita. Karena sudah barang tentu, orang yang sombong pasti akan dibenci oleh orang lain.
Dari kesombongan itu, nantinya akan muncul sikap rakus, tidak pernah mau mengalah pada orang lain, dan ingin selalu menguasai apa yang ada. Namun, jika dia tidak berhasil meraihnya, malahan ada orang lain entah sahabatnya atau siapapun yang sukses dan lebih maju darinya, maka akan timbul perasaan iri dan dendam dalam dirinya. Sungguh semua itu adalah sumber dari segala dosa. Maka dari itu, kita harus senantiasa hati-hati dalam menjaga hati kita agar tidak terpengaruh ataupun termasuki virus-virus dosa itu.



0 comments:

Post a Comment

 
cHa's create. Template Design By: SkinCorner