Friday, March 18, 2011

Surat Pembaca


Harga Buku di Palasari Sudah Tidak Bersahabat Lagi

Kita tahu, Palasari salah satu pasar buku terkenal di daerah Bandung, dan sempat juga menajadi salah satu pasar buku  terbesar se-Asia Tenggara , (prakebakaran) itu, yang terkenal dengan hargannya yang cukup ekonomis, tidak terlalu merogoh kantong, kini sudah tidak bersahabat lagi. Bagi para mahasiswa khususnya, sekarang yang sudah mau masuk ke pertengahan semester, masih banyak dari mereka yang belum mempunyai buku referensi matakuliah.  Kebanyakan dari mereka mengaku bahwa harga buku di pasar Palasari hari ini justru malahan lebih  mahal daripada di toko-toko lokal biasa, seperti toko buku Kairo dan Iqro di pinggiran kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ternyata, setelah di ilik-ilik harganya tidak jauh berbeda, malahan kadang lebih murah dan tidak terlalu  merogoh kantong para mahasiswa. Namun, namanya juga toko lokal jadi tidak selengkap pasar. Jadi mereka pun harus mencarinya ke pusat.
Ini membuat para mahasiswa dan anak-anak sekolah umumnya menjadi kurang dalam pelengkapan buku-buku referensi ataupun mata pelajaran. Bahkan masyarakat biasa yang juga sebagai penikmat buku menurun, yang berpengaruh juga terhadap penurunan minat baca di Indonesia ini.
Selain itu juga, di dalam pasar tersebut ada salah satu grosir buku yang paling ramai dikinjungi pengunjung, terkenal dengan nama BBC (Bandung Book Center). Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit pengunjung jika sedang berkunjung ke pasar palasari  ini, karena persediaan bukunya yang lengkap. Namun sayang sekali tempatya kurang nyaman, begitu sempit dan sesak oleh buku dan juga pengunjung yang tidak tertadah. Mungkin jika ada salah satu pengunjung yang mempunyai masalah dalam pernafasanya, bisa kumat di situ.
Maka dari itu, bagi pihak yang berkait untuk memperhatikan tempat-tempat yang memang menajdi pilihan kebanyakan pengunjung, untuk bisa memperluas tempatnya, agar bisa lebih nyaman lagi jika berada di dalamnya. Juga, bagi para penjual buku di Palasari, mohon untuk mempertimbangkan lagi tentang harga buku-buku sekarang ini. Takut nantinya pasar buku Palasari yang dulunya terkenal murah dan lengkap, hingga banyak orang dari daerah lain yang datang berkunjung, tapi saat sudah di tempatnya malahan kecewa karena tidak sesuai dengan harapan, malahan bisa berakibat buruk bagi kredibilitas pasar tersebut.
            Terimakasih.

Siti Maftuhah
(3207356207910002)
085795109808
Siswa SMPR
Jalan Desa Cipadung No.1 Rt. 03/08 Cipadung-Cibiru-Bandung

0 comments:

Post a Comment

 
cHa's create. Template Design By: SkinCorner